Dampak Bencana Banjir dan Persepsi Masyarakat Terhadap Program Normalisasi Sungai Batang Sinamar Di Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota

Faldi, Heri (2022) Dampak Bencana Banjir dan Persepsi Masyarakat Terhadap Program Normalisasi Sungai Batang Sinamar Di Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_HERI_FALDI_17045135_228_2022.pdf

Download (623kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Dampak Bencana Banjir Bagi Masyarakat Jorong Subarang Dan Jorong Tanjung Kubang di Nagari Taram (2) Persepsi Masyarakat Jorong Subarang dan Jorong Tanjung Kubang Di Nagari Taram. Jenis penelitian yang digunakan adalah Mixed Methods.Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen penelitian. Populasi sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 responden yang ditentukan dengan metode Purposive Sampling.Teknik analisis data yang digunakan menggunakan kuesioner berpedoman pada Skala Likert dan model analisa data Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa(1)Dampak bencana banjir terhadap variabel fisik dalam indikator kerusakan pasar digolongkan sangat baik, kerusakan tempat tinggal digolongkan parah. Variabel sosial tercemarnya sumber air bersih, variabel lingkungan rusaknya tumbuhan/tanaman, variabel lingkungan terjadinya pencemaran air dari sungai karena material banjir, variabel ekonomi hilang dan rusaknya harta benda, variabel ekonomi terhambatnya mata pencaharian, semuanya digolongkan parah.(2)Persepsi masyarakat terhadap program normalisasi sungai, indikator adanya penyuluhan terhadap normalisasi sungai, warga memahami hasil dari penyuluhan, memiliki dampak positif terhadap masyarakat, membuat sungai lebih baik dalam mengalirkan air ke hilir sungai, meminimalisir terjadinya banjir, membuat aliran air sungai tidak meluap ke permukiman warga, membuat tebing sungai menjadi kokoh, hilangnya biaya-biaya pembersihan dan perbaikan rumah semuanya digolongkan benar dan merusak perekonomian warga digolongkan ragu-ragu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DAMPAK BANJIR, NORMALISASI SUNGAI
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:03
Last Modified: 25 Aug 2022 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39314

Actions (login required)

View Item View Item