Tinjauan Minat Belajar Siswa dengan Media Google Classroom pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut SMK Negeri 2 Merangin

Wijaya, Bangun Sukma (2022) Tinjauan Minat Belajar Siswa dengan Media Google Classroom pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut SMK Negeri 2 Merangin. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_BANGUN_SUKMA_WIJAYA_17067061_491_2022.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap aspek pendidikan, proses pembelajaran untuk mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut pada SMK Negeri 2 Merangin, yang menyebabkan pergeseran proses pembelajaran, yang mulanya pembelajaran konvensional di ruang kelas. Google Classroom ini dapat didefinisikan sebagai suatu aplikasi yang memungkinkan untuk dioptimalkan untuk menjadi platform tertentu di dalam proses pembelajaran daring. Aplikasi Google Classroom ini diperlengkapi dengan beberapa fitur tertentu yang berguna untuk dapat mendukung dan membantu proses berlangsungnya pembelajaran yang dilaksanakan. Untuk penelitian ini, agar dapat memahami minat siswa pada media Google Classroom yang dipergunakan untuk proses pembelajaran daring di tengah pandemi Covid 19 saat ini. Data penelitian ini dilaksanakan pengumpulan dengan memanfaatkan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik penganalisisan data penelitian ini, diantaranya mencangkup dengan standar deviasi, modus, mean, median dan juga frekuensi relative persentasi, setelah itu dilaksanakan pengujian persyaratan analisis dengan mempergunakan pengujian normalitas. Untuk penelitian ini memilih tempat di SMK Negeri 2 Merangin. Untuk penelitian ini, subjek penelitiannya ialah para siswa dari kelas XI TP, X TP, dan juga XII TP. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa kebanyakan siswa mempunyai minat yang baik pada media pembelajaran google classroom untuk mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut. Kesimpulan frekuensi untuk variabel minat siswa ini berkategori baik, yakni sejumlah 46 siswa (84%) dari jumlah keseluruhan 55 siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 24 Aug 2022 06:43
Last Modified: 24 Aug 2022 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39311

Actions (login required)

View Item View Item