Ngomix di kalangan Remaja (Studi Kasus pada Remaja Kecanduan Obat Batuk Komix di Kelurahan Kayu Kunyit, Bengkulu Selatan)

Minar, Minar (2022) Ngomix di kalangan Remaja (Studi Kasus pada Remaja Kecanduan Obat Batuk Komix di Kelurahan Kayu Kunyit, Bengkulu Selatan). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_MINAR_17058186 _394_2022.pdf

Download (350kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perilaku ngomix dikalangan remaja, yaitu penyalahgunaan obat batuk komix oleh remaja di Kelurahan Kayu Kunyit. Penelitian ini menjadi penting untuk diteliti karena remaja di Kelurahan Kayu Kunyit memiliki perilaku menyimpang yaitu ngomix sehingga perlu dilakukan penelitian mendalam tentang bagaimana perilaku menyimpang itu dilakukan, disebarkan hingga menjadi gaya hidup remaja di Kelurahan Kayu Kunyit. Obat batuk komix yang seharusnya menjadi obat untuk menahan batuk justru digunakan untuk mabuk-mabukkan. Realita tersebut mendorong peneliti pada suatu pertanyaan yaitu apa yang menjadi faktor penyebab remaja ngomix. Pertanyaan tersebut akan dianalisis melalui teori Belajar Sosial (Differential Association) oleh Sutherland dan teori Pola Asuh oleh Baumrind tipe Permissive. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi perilaku menyimpang ngomix. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan tipe penelitian studi kasus intrinsik, pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dengan 14 informan, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian di Kelurahan Kayu Kunyit. Hasil penelitian ini menunjukkan ada beberapa aspek yang mempengaruhi perilaku ngomix remaja. Kurangnya kontrol diri dalam memenuhi ajakan teman, motivasi untuk berubah yang rendah, rendahnya kesadaran beragama. Ketiga hal tersebut merupakan faktor internal. Kemudian faktor eksternal, minimnya motivasi dari orang tua, minimnya atensi dari orang tua, kasus dalam keluarga serta perceraian orang tua, pengaruh teman sepermainan (area pergaulan), kesalahan pola asuh orang tua. Dari semua faktor yang ada, faktor dominan yang mempengaruhi perilaku ngomix dikalangan remaja adalah faktor teman sepermainan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:14
Last Modified: 24 Aug 2022 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39303

Actions (login required)

View Item View Item