Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika

Kurniawan, Arif (2022) Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ARIF_KURNIAWAN_1306249_627_2022.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash dan mengetahui tingkat kelayakan (validitas) media pembelajaran interaktif sebagai media pembelajaran mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Teknik Mekatronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahap, 1) Analisis; 2) Desain/Perancangan; 3) Pengembangan; 4) Implementasi/Penerapan; dan 5) Evaluasi. Instrumen penelitian berupa angket digunakan untuk memperoleh data tingkat kelayakan (validitas) media pembelajaran interaktif. Pengujian validitas media melibatkan tiga orang dosen Teknik Elektronika Universitas Negeri Padang. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh nilai Aspek Isi dan Konstruksi sebesar 0,83 dengan kategori valid, Aspek Teknis 0,78 dengan kategori valid, dan Aspek Instruksional 0,76 dengan kategori valid. Rata-rata keseluruhan validitas media pembelajaran interaktif adalah 0,79 dengan kategori valid. Hasil pengujian kesepakatan antar pakar menggunakan Intraclass Correlations Coefficient/ICC diperoleh nilai reliabelitas cukup memuaskan rxx= 0,751 yang diestimasi menggunakan Koefisien Alpha. Rata-rata kesepakatan antar rater sebesar 0,751 dan untuk satu orang rater konsistensinya adalah 0,502.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 23 Aug 2022 08:46
Last Modified: 23 Aug 2022 08:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39299

Actions (login required)

View Item View Item