Studi Tentang Kreativitas Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Siswa Kelas XI Teknik Sepeda Motor dan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK N 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya

Putra, Angger Danuardi (2022) Studi Tentang Kreativitas Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Siswa Kelas XI Teknik Sepeda Motor dan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK N 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_ANGGER_DANUARDI_PUTRA_17073104_1792_2022.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi siswa cenderung menyukai tugas yang mudah dan tidak menyenangi tugas yang bervariasi dan sulit. Siswa hanya mengerjakan tugas jika diberi sanksi oleh guru yang bersangkutan dan pada waktu pelajaran berlangsung terlihat dari jarangnya pertanyaan yang diajukan siswa. Saat pelaksanaan UH dan MID semester banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang besarnya kreativitas dan besarnya nilai hasil belajar siswa kelas XI SMK N 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Penelitian ini termasuk pada penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan populasi dengan responden berjumlah 60 orang siswa. Untuk uji coba dilakukan pada 30 orang siswa, dan 30 siswa lainya dijadikan subjek penelitian. Teknik pengumpulan data variabel kreativitas belajar siswa dilakukan dengan menggunakan kuesioner, sedangkan untuk variabel hasil belajar didapat dari nilai akhir semester 1 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kecenderungan siswa dalam kreativitas belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan tinggi. Dari 30 siswa yang diteliti, 2 siswa (7%)memiliki kecenderungan kreativitas sangat rendah, 11 siswa (37%) rendah, 15 siswa (50%) tinggi, 2 siswa (7%) sangat tinggi. Untuk hasil belajar sebanyak 2 siswa (7%) dengan nilai 69 memiliki kecenderungan dalam hasil belajar dengan kategori sangat rendah, 8 siswa (27%) dengan nilai 70-71 memiliki kecenderungan rendah, 13 siswa (43%) dengan nilai 72-74 memiliki kecenderungan tinggi, 7 siswa (23%) dengan nilai 75- 78 memiliki kecenderungan sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Otomotif S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 23 Aug 2022 06:46
Last Modified: 23 Aug 2022 06:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39288

Actions (login required)

View Item View Item