Pengaruh Gaya Renang dan Status Gizi terhadap Keluhan Asma Studi Eksperimen pada Siswa SD Kecamatan Nanggalo Lapai Kota Padang

Silvanny, Ossy Ulfba (2021) Pengaruh Gaya Renang dan Status Gizi terhadap Keluhan Asma Studi Eksperimen pada Siswa SD Kecamatan Nanggalo Lapai Kota Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_OSSY_ULFHA_SILVANNY_16199056_1382_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini berawal dari keluhan asma yang diderita siswa SD Kecamatan Nanggalo Lapai Kota Padang, seperti SD Negeri 06 dan SD Negeri 18. Hal ini menyebabkan, siswa memiliki keterbatasan dalam melakukan aktivitas fisik, cepat lelah, kurang bersemangat, postur tubuh kurang ideal ( cenderung agak kurus ), serta memiliki nilai akademis di bawah rata-rata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya renang dan status gizi terhadap keluhan asma siswa SD Kecamatan Nanggalo Lapai Kota Padang. Jenis penelitian adalah ekperimen dengan desain faktorial By Level 2 x 2. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa SD Negeri 06 dan 18 Kecamatan Nanggalo Lapai Kota Padang yang menderita keluhan asma berjumlah 32 orang. Teknik penarikan sampel menggunakan Sampling Jenuh, sehingga semua populasi dijadikan sampel. Instrument keluhan asma menggunakan Peak Flow Meter dan status gizi menggunakan Anthopometri. Data di analisis dengan ANOVA 2 x 2 dan uji lanjut Tukey pada taraf signifikansi a= 0,05. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan, (1) terdapat perbedaan pengaruh antara renang gaya dada dan renang gaya bebas terhadap keluhan asma (Qh = 3,05 >Qt= 3,00), (2) terdapat interaksi antara renang gaya dada dan renang gaya bebas dengan status gizi (Fh = 8, 11 > Ft = 4,20), (3) terdapat perbedaan pengaruh antara kelompok yang diberikan perlakuan renang gaya dada dan renang gaya bebas dilihat dari status gizi ideal terhadap keluhan asma (Qh = 5,00 > Qt= 3,26), dan (4) tidak terdapat perbedaan pengaruh antara kelompok yang diberikan perlakuan renang gaya dada dan renang gaya bebas dilihat dari status gizi tidak ideal terhadap keluhan asma (Qh = 0,69 < Qt= 3,26).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Aug 2022 06:45
Last Modified: 23 Aug 2022 06:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39283

Actions (login required)

View Item View Item