Pengaruh Daya Ledak Otot Tungkai, Koordinasi Mata­ tangan, dan Kelentukan Pinggang Terhadap Kemampuan Smash Atlet Bolavoli Putra Junior Sumatera Barat

Afrina, Netti (2021) Pengaruh Daya Ledak Otot Tungkai, Koordinasi Mata­ tangan, dan Kelentukan Pinggang Terhadap Kemampuan Smash Atlet Bolavoli Putra Junior Sumatera Barat. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_NETTI_AFRINA_19199036_4032_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah masih kurang atau belum maksimalnya kemampuan smash yang dimiliki Atlet Bolavoli Putra Junior Sumatera Barat. Hal ini dipenguruhi oleh banyak faktor seperti kondisi fisik: kecepatan reaksi, daya ledak otot tungkai, koordinasi mata­tangan, kelentukan pinggang, penguasaan teknik, taktik dan mental. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya ledak otot tungkai, kelentukan pinggang, dan koordinasi mata­tangan, terhadap kemampuan smash atlet bolavoli Putra Junior Sumatera Barat. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan desains penelitian korelasi dengan metode asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 29 orang atlet putra dengan tingkat umur yang sama yaitu umur 14­16 tahun sebanyak 12 orang, umur 1 7­19 tahun sebanyak 14 orang dan umur 20 tahun sebanyak 3 orang. . Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur/anggota populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel, adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 29 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengukuran terhadap ketiga variabel. Untuk daya ledak otot tungkai di tes dengan vertical jump, koordinasi mata­tangan dengan tes lempar tangkap bola, kelentukan dengan tes kayang. Sedangkan kemampuan smash diukur dengan tes kemampuan smash. Data dianalisis dengan regresi ganda tiga prediktor. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: ( 1) Daya ledak otot tungkai berpengaruh positif terhadap kemampuan smash sebesar 33,5%, (2) Koordinasi mata­tangan berpengaruh positif terhadap kemampuan smash sebesar 28,2%, (3) Kelentukan pinggang berpengaruh positif terhadap kemampuan smash sebesar 32,5%, (4) Daya ledak otot tungkai, koordinasi mata­tangan, kelentukan pinggang berpengaruh positif terhadap kemampuan smash sebesar 52,9%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Aug 2022 06:44
Last Modified: 23 Aug 2022 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39281

Actions (login required)

View Item View Item