Pengaruh Status Gizi, Kebugaran Jasmani, danMotivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PendidikanJasmani, Olahraga, dan Kesehatan Peserta DidikSDN 04 Langung Saiyo Kecamatan Rao Utara

Vera, Darmila (2021) Pengaruh Status Gizi, Kebugaran Jasmani, danMotivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PendidikanJasmani, Olahraga, dan Kesehatan Peserta DidikSDN 04 Langung Saiyo Kecamatan Rao Utara. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_DARMILA_VERA_19199068_4635_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini berawal dari masih rendahnya hasil belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) peserta didik SDN 04 Langung Saiyo Kecamatan Rao Utara Kabupaten Pasaman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara langsung, pengaruh tidak langsung, dan pengaruh secara simultan status gizi, kebugaran jasmani, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) peserta didik SDN 04 Langung Saiyo Kecamatan Rao Utara Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal komperatif (analisis jalur). Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik SDN 04 Langung Saiyo Kecamatan Rao Utara Kabupaten Pasaman yang berjumlah 181 orang. Sampel diambil dengan teknik sampling purposive, sehingga sampel yang diambil sebanyak 42 orang dengan dasar pertimbangan tertentu. Instrumen status gizi menggunakan indeks antropometri yaitu Indeks Masa Tubuh (IMT), kebugaran jasmani menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) usia 10 - 12 tahun, motivasi belajar menggunakan kuisioner (angket), dan hasil belajar PJOK menggunakan nilai akhir pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) terdapat pengaruh langsung status gizi terhadap hasil belajar PJOK (Pyx1= 0,270 dengan sumbangan 7,29%); (2) terdapat pengaruh langsung kebugaran jasmani terhadap hasil belajar PJOK (Pyx2 = 0,393 dengan sumbangan 15,14%); (3) terdapat pengaruh langsung motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK (Pyx3 = 0,316 dengan sumbangan 10%); (4) terdapat pengaruh tidak langsung status gizi melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK (Pyx1 = 0,270 Px31 = 0,434 Pyx3 = 0,316 dengan sumbangan pengaruh total 18,84%); (5) terdapat pengaruh tidak langsung kebugaran jasmani melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK (Pyx2 = 0,393 Px32 = 424 Pyx3 = 0,316 dengan sumbangan pengaruh total 27,77%); (6) terdapat pengaruh simultan status gizi, kebugaran jasmani, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK (Rsquare = 0,878 atau 87,8%).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Aug 2022 06:43
Last Modified: 23 Aug 2022 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39277

Actions (login required)

View Item View Item