Pengembangan Materi Ajar Mata Pelajaran Gambar Teknik dengan Menggunakan Perangkat Lunak Autodesk Inventor di SMK Kartini Batam, Kepulauan Riau

Siswanto, Siswanto (2021) Pengembangan Materi Ajar Mata Pelajaran Gambar Teknik dengan Menggunakan Perangkat Lunak Autodesk Inventor di SMK Kartini Batam, Kepulauan Riau. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_SISWANTO_15138080_1284_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran standar kompetensi menggambar teknik mesin dengan perangkat lunak pada jurusan teknik Pemesinan, program keahlian teknik mesin pada SMK kartini batam adalah kurangnya bahan ajar sehingga perlu dilakukannya suatu tindakan nyata berupa pengembangan bahan ajar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah mengembangkan bahan ajar dilengkapi video tutorial dari youtube untuk mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak berbantuan program aplikasi Inventor. Model pengembangan yang digunakan adalah model Research and Development (R&D). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D (Four-D). Model ini terdiri atas empat langkah, yaitu: (1) pendefinisian (Define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) Penyebaran (Dissemination). Produk pengembangan yang dihasilkan yaitu: Modul pembelajaran, dan video tutorial dari youtube. Dalam kegiatan uji coba lapangan siswa diberikan pretest dan posttest. Hasil analisis Uji t satu sampel menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan paket pembelajaran berbeda. Dengan ungkapan lain dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan paket pembelajaran dalam pembelajaran di kelas. Mengacu nilai rerata atau mean posttest lebih besar dari nilai rerata pretest, dapat dikatakan bahwa bahan ajar dan video tutorial dari youtube dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMK Kartini Batam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Aug 2022 06:43
Last Modified: 23 Aug 2022 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39275

Actions (login required)

View Item View Item