Evaluasi Program Praktik Kerja lndustri (Prakerin) pada Program Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Sumatera Barat Tahon 2018

Sahara, Rusdi (2021) Evaluasi Program Praktik Kerja lndustri (Prakerin) pada Program Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Sumatera Barat Tahon 2018. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_RUSDI_SAHARA_16138082_1585_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Praktik Kerja Industri SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Evaluasi Praktik Kerja Industri (Prakerin) terse but dilihat dari aspek design, Installation, Procces, Product dan Cost yang dihadapi dalam pelaksanaan Prakerin. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kombinasi desain Sequental Explanatory, menggabungkan metode penelitian kuantatif dengan menggunakan angket/kuesioner dan kualitatif dengan wawancara secara berurutan, dimana teknik analisis data menggunakan persentase tingkat capaian responden (uji TCR) untuk data kuantitatif dan untuk data kualitatif menggunakan menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yaitu: data reduction, dara display, dan conclusion/verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan Praktik Kerja Industri di SMK Negeri 1 Sumatera Barat program Keahlian Teknik Pemesinan secara keseluruhan meliputi: Evaluasi design sesuai kenyataan memperoleh standar skor rata-rata 72% cukup, dan evaluasi design sesuai harapan memperoleh standar skor rata-rata 85,4% baik. Evaluasi Installation yang sesuai kenyataan memperoleh standar skor rata-rata 74,5% cukup, dan evaluasi Installation yang sesuai harapan memperoleh standar skor rata-rata 85,5% baik. Evaluasi Process sesuai kenyataan memperoleh standar skor rata-rata 75,4% cukup, dan evaluasi Process sesuai harapan memperoleh standar skor rata-rata 84,6% baik. Evaluasi Product sesuai kenyataan memperoleh standar skor rata-rata 66, 1 % cukup, dan evaluasi Product sesuai harapan memperoleh standar skor rata-rata 83,6% baik. Evaluasi Cost sesuai kenyataan memperoleh standar skor rata-rata 72,9% cukup, evaluasi Cost sesuai harapan memperoleh standar skor rata-rata 84,2% baik. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa program Praktik Kerja Iindustri (Prakerin) pada program keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Sumatera Barat tahun 2018 masih dalam kategori cukup, perlu diperbaiki untuk masing- masing aspek.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Aug 2022 06:43
Last Modified: 23 Aug 2022 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39270

Actions (login required)

View Item View Item