Dampak Sosial Perubahan Kepemilikan PT Semen Padang ke Semen Indonesia Terhadap Masyarakat di Kelurahan Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Savitri, Dona Rahmaidil (2022) Dampak Sosial Perubahan Kepemilikan PT Semen Padang ke Semen Indonesia Terhadap Masyarakat di Kelurahan Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_DONA_RAHMAIDIL_SAVITRI_17058009_198_2022.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap ketergantungan masyarakat di Kelurahan Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang atas bantuan yang diberikan oleh pabrik PT Semen Padang. Dengan begitu terjadi perubahan PT Semen Padang membuat masyarakat terdampak secara ekonomi dan sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dampak sosial dari perubahan PT Semen Padang ke Semen Indonesia terhadap masyarakat di Kelurahan Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak sosial perubahan PT Semen Padang ke Semen Indonesia terhadap masyarakat di Kelurahan Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Dari latar belakang terlihat bagaimana masyarakat sebelum terjadi perpindahan banyak masyarakat mendapatkan bantuan dari segi sosial dan ekonomi. Perubahan PT Semen Padang ke Semen Indonesia membuat bantuan yang diberikan oleh Semen Padang berkurang hal tersebut karena masyarakat sangat bergantung terhadap bantuan sosial yang diberikan. Metode penelitian dalam penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan jumlah informan 15 orang. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini yaitu teori AGIL dari Talcon Parsons. Mengenai perubahan sosial yang sifatnya pada struktur sosial. karena teori ini dirasa mampu untuk dijadikan pisau analisis untuk menganalisis temuan dalam penelitian ini. Lokasi penelitian dilaksanakan di Kelurahan Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Hasil penelitian yang telah dilakukkan di lapangan menemukan bahwa ada beberapa dampak sosial yang pertama berkurangnya bantuan sosial meliputi yaitu bantuan UMKN,Paket Sembako, Pendidikan, perbaikan dan anggaran masjid,selanjutnya ekonomi masyarakat dan tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PT. SEMEN PADANG
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Aug 2022 02:58
Last Modified: 23 Aug 2022 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39266

Actions (login required)

View Item View Item