Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pengelasan SMAW di SMK Negeri 1 Tanjung Baru

Agustian, Andri (2022) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pengelasan SMAW di SMK Negeri 1 Tanjung Baru. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_ANDRI_AGUSTIAN_17067003_759_2022.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran daring tentu tak terlepas dari peranan teknologi, teknologi berperan penting terhadap keberlangsungan pembelajaran daring. Akan tetapi peranan teknologi ini menimbulkan permasalahan tersendiri baik bagi siswa maupun pendidik. Permasalahan yang disebabkan faktor teknologi ini antara lain Handphone siswa yang sering bermasalah seperti memori penuh, lelet, bahkan ada siswa yang tidak mempunyai HandPhone. Selanjutnya yaitu jaringan yang tidak stabil, kuota internet yang mahal dan juga kemampuan guru dalam menggunakan teknologi akan berperan terhadap kesuksesan pembelajaran daring ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan faktor teknologi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran daring mata pelajaran Pengelasan SMAW di SMK Negeri 1 Tanjung Baru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Mix Mhetod dengan menggunakan analisis koefesien t dengan populasi sebanyak 38 orang. Untuk mengolah data penelitian ini menggunakan uji koefesien t dalam menetukan apakah terdapat perbedaan signifikan faktor teknologi (X) terhadap hasil belajar (Y) . Sebelum melakukan uji kefesien t dilakukan pengujian pendahuluan yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji linearitas dan uji normalitas. Hasil penelitian dengan pengujian hipotesis didapat signifikansi sebesar 0,004 < 0,05, hasilnya rumusan H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini antara lain yaitu faktor teknologi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Serta didapat nilai koefesien t (R Squarie) sebesar 0,210, artinya faktor teknologi berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 21%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 23 Aug 2022 02:55
Last Modified: 23 Aug 2022 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39257

Actions (login required)

View Item View Item