Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pariaman.

Nadisya, Enestesy Novia (2022) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ENESTESY_NOVIA_NADISYA_18016153_2644_2022.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pariaman. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksplanasi siwa kelas XI SMA Negeri 1 Pariaman. Ketiga, mendeskripsikan korelasi keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis teks eksplanasi siwa kelas XI SMA Negeri 1 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah hubungan korelasional dua variabel. Populasi penelitian ini adalah siswa XI SMA Negeri 1 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 318 siswa yang tersebar di sembilan kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 45 orang. Sampel penelitian diambil sebesar 15% menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes, yaitu tes objektif keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi dan tes unjuk kerja keterampilan menulis teks eksplanasi. Hasil penelitian ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pariaman berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan rata-rata hitung 74,02% dengan menggunakan skla 10. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siwa kelas XI SMA Negeri 1 Pariaman berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan rata-rata hitung 74,81% dengan menggunakan skala 10. Ketiga, terdapat korelasi yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis teks eksplanasi siwa kelas XI SMA Negeri 1 Pariaman dengan derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%. H0 ditolak dan H1 diterima karena thitung (26,13) lebih besar daripada ttabel (1,68). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi berkorelasi positif dengan keterampilan menulis teks eksplanasi, dan semakin tinggi tingkat keterampilan membaca siswa, maka akan semakin tinggi pula tingkat keterampilan menulis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN MEMBACA, KETERAMPILAN MENULIS, TEKS EKSPLANASI
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Aug 2022 01:52
Last Modified: 22 Aug 2022 01:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39250

Actions (login required)

View Item View Item