Evaluasi Kesesuaian Lahan Tanaman Sawo (Achros Zapota, L) di Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat

Iswahyuni, Iswahyuni (2022) Evaluasi Kesesuaian Lahan Tanaman Sawo (Achros Zapota, L) di Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ISWAHYUNI_17136092_2600_2022.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2021 bertempat di Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor pembatas kesesuaian lahan, kesesuaian lahan untuk tanaman sawo di Kecamatan Batipuh Selatan, dan upaya perbaikan lahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei lapangan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode overlay (tumpang susun) karakteristik lahan yang diteliti,survei lapangan dan uji laboratorium,selanjutnya akan di cocokan (matching) dengan parameter-parameter kesesuaian lahan tanaman sawo yang telah di teliti. Untuk menentukan kelas kesesuaian lahannya menggunakan hukum Liebig yang menekankan pada faktor pembatas/penghambat terberat.Hasil penelitian menunjukkan faktor pembatas kesesuaian lahan ada 3 yaitu kedalaman efektif tanah, pH, dan KTK. Kelas kesesuaian lahan untuk tanaman sawo di Kecamatan Batipuh Selatan terdiri dari 2 kelas yaitu sesuai dan kurang sesuai.Upaya perbaikan lahan dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu pengapuran dan penambahan bahan organik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 22 Aug 2022 01:52
Last Modified: 22 Aug 2022 01:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39249

Actions (login required)

View Item View Item