Fajarwati, Lulu (2021) Perancangan E-modul Berbasis Discovery Learning pada Mata Pelajaran Boga Dasar di SMK. Masters thesis, Univesitas Negeri Padang.
|
Text
A_5_LULU_FAJARWATI_18138015_4540_2021.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah belum tersedianya bahan ajar pada mata pelajaran Boga Dasar di SMK Negeri 1 Beringin, keterbatasan waktu pembelajaran, serta hasil belajar siswa belum optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan sebuah E-modulberbasis discovery learning yang valid, praktis, dan efektif pada mata pelajaran Boga Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Desseminate). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mendeskripsikan nilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan E- modulpembelajaran berbasis discovery learning. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan E-modulberbasis discovery learning, (2) validitas E-modulberbasis discovery learning dinyatakan valid oleh ahli media dengan kategori nilai 0,84>0,61 (3) Praktikalitas E- modulberdasarkan respon guru dengan nilai rata-rata 88,57 dengan kategori sangat praktis dan 30 respon siswa dengan nilai rata-rata 86,67 dengan kategori sangat praktis (4) Efektivitas E-modulpembelajaran berbasis discovery learning dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-modulpembelajaran berbasis discovery learning valid, praktis, dan efektif dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran boga dasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > GT Technology (general) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2 |
Depositing User: | Sri Yulianti, S.IP |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 01:50 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 01:50 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39241 |
Actions (login required)
View Item |