Pengembangan Media Video Animasi dalam Pembelajaran Sosiologi untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS di SMAN 12 Merangin

Ayuliandari, Friska (2022) Pengembangan Media Video Animasi dalam Pembelajaran Sosiologi untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS di SMAN 12 Merangin. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_FRISKA_AYULIANDARI_17058168_1445_2022.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui kelayakan media video animasi pembelajaran, 2) untuk mengetahui praktikalitas media video animasi pembelajaran Sosiologi, 3) untuk mengetahui efektivitas media video animasi pembelajaran Sosiologi. Jenis penelitian menggunakan pengembangan Research and Development dengan menggunakan model 4-D terdiri dari: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Untuk melihat media video animasi pembelajaran sosiologi layak, efektiv serta praktis digunakan di dalam proses pembelajaran secara daring sekaligus luring, maka peneliti melakukan uji validita yang akan dinilai oleh ahli media yakni dosen Sosiologi Universitas Negeri Padang dan guru Sosiologi SMAN 12 Merangin, praktikalitas media video animasi diperoleh dari tanggapan peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN 12 Merangin dan uji efektivitas berupa pemberian soal kepada peserta didik pada saat dan sebelum menggunakan media video animasi selanjutnya akan di olah menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media video animasi pembelajaran sosiologi layak digunakan untuk pembelajaran pada materi integrasi sosial berdasarkan penilaian ahli memperoleh rata-rata 0,88 dengan kategori kelayakan sangat tinggi. Penilian praktikalitas peserta didik terhadap media video animasi yaitu 100% dengan kategori sangat baik dan efektivitas video animasi diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti nilai peserta didik saat dilakukan pretest dan posttest terdapat perbedaan hasil belajar dalam proses pembelajaran sehingga media video animasi pembelajaran sosiologi efektif untuk digunakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 22 Aug 2022 01:49
Last Modified: 22 Aug 2022 01:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39234

Actions (login required)

View Item View Item