Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning terhadap Peningkatan Basil Belajar Praktek Pemboran Mahasiswa Teknik Pertambangan PDD AKNS

Silvia, Febri (2021) Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning terhadap Peningkatan Basil Belajar Praktek Pemboran Mahasiswa Teknik Pertambangan PDD AKNS. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_FEBRI_SILVIA_16138029_4633_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih kurangnya keterampilan praktek pemboran sebagian besar mahasiswa Teknik Pertambangan Program Studi di Luar Domisili Akademi Komunitas Negeri Sawahlunto (PDD AKNS). Keterampilan yang belum maksimal tersebut tergambar dalam rendahnya hasil belajar praktek mahasiswa. Kondisi ini menyebabkan mereka belum bisa menyelesaikan proyek pemboran secara mandiri, baik, dan benar. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar tersebut adalah model pembelajaran konvensional yang diterapkan. Untuk itu perlu dilakukan suatu pembenahan dalam proses pembelajaran sehingga kemudian diterapkan model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengungkapkan pengaruh penerapan model Project Based Learning terhadap peningkatan hasil belajar praktek pemboran mahasiswa Teknik Pertambangan PDD AKNS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian adalah quasi experimen dengan desain PretestĀ­Posttest Kontrol Design. Adapun tahap penelitian adalah persiapan, pelaksanaan, dan tahap akhir. Pada tahap persiapan dilakukan observasi kemampuan awal mahasiswa dan membuat rubrik penilaian kinerja. Pada tahap pelaksanaan dilakukan pembagian kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana pada kelas eksperimen diterapkan model PjBl sedangkan pada kelas kontrol tetap diterapkan model konvensional. Pada tahap akhir dilakukan analisis data, pembahasan dan pengambilan kesimpulan hasil penelitian. Berdasarkan analisis data penelitian, dengan hasil uji hipotesis yang didapat bahwa t hitung (2,479) > t tabel (2,0101) pada taraf signifikansi (a) 0,05. Hasil belajar mahasiswa pada kelas eksperimen mengalami kenaikan dengan kategori sedang sedangkan pada kelas kontrol mahasiswa mengalami kenaikan dengan kategori rendah. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar praktek pemboran mahasiswa Teknik Pertambangan PDD AKNS. Dari hasil penelitian, diharapkan kepada staf pengajar sejawat yang mengajar pada mata kuliah keterampilan khusus di PDD AKNS untuk dapat menggunakan PjBL sebagai pertimbangan dalam proses belajar mengajar sehingga hasil belajar praktek mahasiswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Aug 2022 02:02
Last Modified: 19 Aug 2022 02:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39230

Actions (login required)

View Item View Item