Hubungan Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Status Sosial Ekonomi dan Hasil Belajar Kewirausahaan Model Production Based Learning dengan Sikap Kewirausahaan Mahasiswa

Sriwahyuni, Diana (2021) Hubungan Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Status Sosial Ekonomi dan Hasil Belajar Kewirausahaan Model Production Based Learning dengan Sikap Kewirausahaan Mahasiswa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_DIANA_ SRIWAHYUNI_16138019_2384_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tingginya angka pengangguran saat ini di kalangan lulusan Universitas disebabkan kurang siapnya lulusan memasuki dunia kerja, tingginya persaingan dalam mencari pekerjaan, dan kurangnya minat para lulusan untuk berwirausaha. Hal ini dikarenakan masih rendahnya sikap kewirausahaan dalam diri mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1 ). Hubungan antara Literasi Teknologi lnformasi dan Komunikasi (TIK) dengan Sikap Kewirausahaan Mahasiswa; 2). Hubungan antara Status Sosial Ekonomi dengan Sikap Kewirausahaan Mahasiswa; 3). Hubungan antara Hasil Belajar Kewirausahaan Model Production Based Learning dengan Sikap Kewirausahaan Mahasiswa; 4) Hubungan antara Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi, Status Sosial Ekonomi dan Hasil Belajar Kewirausahaan Model production based learning dengan Sikap Kewirausahaan Mahasiswa. Jenis penelitian ini kuantitatif korelasional. Penelitian dilaksanakan diJurusan Teknik Elektro (D4) Fakultas Teknik dan Jurusan Tata Boga (D3) Fakutas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Negeri Padang yang telah mengambil mata kuliah kewirausahaan dengan model production based learning pada semester genap tahun ajaran 2017 sebanyak 47 orang dengan semua anggota populasi menjadi sampel penelitian. Berdasarkan analisis dan hasil pengujian hipotesis, maka dapat diungkapkan hubungan positif dan signifikan antara literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan sikap kewirausahaan mahasiswa dengan koefisien determinasi sebesar 34,6%. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara status sosial ekonomi dengan sikap kewirausahaan mahasiswa dengan koefisien determinasi sebesar 27,7%. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara hasil belajar kewirausahaan model production based learning dengan sikap kewirausahaan mahasiswa dengan koefisien determinasi sebesar 26,4%. Serta terdapat hubungan positif dan signifikan secara simultan antara literasi teknologi informasi dan komunikasi, status sosial ekonomi dan hasil belajar kewirausahaan model production based learning dengan sikap kewirausahaan mahasiswa dengan koefisien korelasi sebesar sebesar 52,4%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Aug 2022 02:02
Last Modified: 19 Aug 2022 02:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39228

Actions (login required)

View Item View Item