Pemanfaatan Teknologi Penginderaan Jauh untuk Deteksi Kekeringan Lahan Pertanian Menggunakan Metode Normalized Difference Drought Index di Kecamatan Kuranji Kota Padang

Afrima, Febi (2022) Pemanfaatan Teknologi Penginderaan Jauh untuk Deteksi Kekeringan Lahan Pertanian Menggunakan Metode Normalized Difference Drought Index di Kecamatan Kuranji Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FEBI_AFRIMA_17331024_351_2022.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) Mengetahui pemanfaatan teknologi pengindraan jauh untuk deteksi kekeringan pada lahan pertanian menggunakan metode NDVI di Kecamatan Kuranji Kota Padang. (2) Mengetaahui pemanfaatan teknologi pengindraan jauh untuk deteksi kekeringan pada lahan pertanian menggunakan metode NDWI di Kecamatan Kuranji Kota Padang (3) Mengetahui pemanfaatan teknologi pengindraan jauh untuk deteksi kekeringan pada lahan pertanian menggunakan metode NDDI di Kecamatan Kuranji Kota Padang. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk pemantauan kekeringan secara spasial adalah dengan menggunakan aplikasi dari penginderaan jauh berbasis algoritma tertentu. Algoritma Normalized Difference Drought Index (NDDI) merupakan salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk mengkaji sebaran dan luasan kekeringan pertanian. Penelitian ini memanfaatkan algortima NDDI untuk memantau kekeringan lahan pertanian di kecamatan kuramji tahun 2020 dengan Landsat 8. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa identifikasi NDVI pad tanggal 28 juni 2020 indeks vegetasinya cenderung naik karena fase pemasakan padi yang ditandai dengan menguningnya daun padi. Sedangkan identifikasi NDWI pada tanggal 28 juni 2020 indeks kebasahan lahan cenderung naik karena curah hujan sudah tinggi. Dan identifikasi NDDI pada 28 Juni 2020 merupakan puncaknya lahan pertanian yang mengalami penurunan luas kekeringan, sebesar 71,55 Ha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 Aug 2022 02:01
Last Modified: 19 Aug 2022 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39226

Actions (login required)

View Item View Item