Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Bentuk Video Vlog dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas XI IPS 5 SMAN 3 Payakumbuh

Desfitri, Fatimah Zahara (2022) Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Bentuk Video Vlog dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas XI IPS 5 SMAN 3 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_FATIMAH_ZAHARA_DESFITRI_18046107_3141_2022.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini, berdasarkan pengamatan yang peneliti lakukan di kelas XI IPS 5 terlihat guru tidak menggunakan model dan metode pembelajaran yang bervariasi, sehingga membuat kompetensi keterampilan siswa tidak dapat di ukur. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran project based learning (penugasan proyek dalam bentuk video vlog) untuk mengukur keterampilan siswa pada kd 4.7 dalam mata pelajaran sejarah di kelsa XI IPS 5 SMA N 3 Payakumbuh Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode observasi. Data penelitian ini diperoleh berdasarkan hasil wawancara, observasi awal, dan lembaran observasi yang sesuai dengan indikator keterampilan. Subjek dari penelitian ini adalah kelas XI IPS 5 yang berjumlah 35 orang. Tempat dilaksanakan penelitian ini yaitu SMA N 3 Payakumbuh. Hasil dari penelitian ini setelah diterapkannya model pembelajaran project based Learning pembuatan tugas proyek dalam bentuk video vlog terbukti ampuh dalam mengasah keterampilan yang diukur dengan indikator yang terdapat pada KD 4.7 terkait materi sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia. Setelah dijumlahkan Keterampilan siswa dalam menalarkan peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia mencapai skor 66,79% % dari 35 siswa sedangkan keterampilan siswa dalam memaknai peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia mencapai skor 56,14% dari 35 siswa. Berdasarkan persentase tersebut keterampilan siswa meningkat dalam pencapaian keterampilan menalar dan memaknai peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 Aug 2022 02:01
Last Modified: 19 Aug 2022 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39224

Actions (login required)

View Item View Item