Pengaruh Keterampilan Pendamping, Tanggungan Keluarga, dan Partisipasi Peserta Terhadap Keberhasilan Program Keluarga Harapan (PKH) di Nagari Pematang Panjang Kecamatan Sijunjung

Nurwan, Tryas Wardani (2021) Pengaruh Keterampilan Pendamping, Tanggungan Keluarga, dan Partisipasi Peserta Terhadap Keberhasilan Program Keluarga Harapan (PKH) di Nagari Pematang Panjang Kecamatan Sijunjung. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_TRYAS_WARDANI_NURWAN_18208011_233_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan pendamping, jumlah tanggungan keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan partisipasi peserta terhadap keberhasilan PKH di Nagari Pematang Panjang, Kecamatan Sijunjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitaf dengan variabel keterampilan pendamping sebagai Xl, Jumlah Tanggungan Keluarga KPM sebagai X2, dan Partisipasi KPM sebagai X3 serta Keberhasilan PKH sebagai variabel terikat atau sebagai Y. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga sebagai perwakilan dari Keluarga Penerima Manfaat PKH yang berjumlah 194 KPM. Sampel diperoleh melalui rumus Slovin dengan menngunakan teknik proportional random sampling sehingga berjumlah 131 orang. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) keterampilan pendamping berpengaruh positif terhadap keberhasilan PKH di Kenagarian Pematang Panjang sebesar 23.8% dengan signifikansi 0.000. 2) Terdapat pengaruh langsung tanggungan keluarga KPM terhadap keberhasilan PKH sebesar 10.8% dengan taraf signifikansi sebesar 0.000. 3) Partisipasi peserta berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan PKH sebesar 24.6 % dengan signifikansi 0.000. 4) Keterampilan pendamping berpengaruh langsung terhadap partisipasi peserta sebesar 18. 7 dengan signifikasi sebesar 0.000/ 5) Terdapat pengaruh langsung jumlah tanggungan keluarga terhadap partisipasi sebesar 108% dengan signifikansi 0.001. Dalam penelitian juga membuktikan bahwa terdapat hubungan tidak langsung keterampilan pendamping dan jumlah tanggungan keluarga KPM terhadap keberhasilan PKH dengan variabel partisipasi sebagai variabel intervening.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S2
Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Aug 2022 02:00
Last Modified: 19 Aug 2022 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39215

Actions (login required)

View Item View Item