Upaya Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 1 Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota

Putri, Meisya Eka (2021) Upaya Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 1 Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_MEISYA_EKA_PUTRI_17161020_3434_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Gunuang Omeh. Pengimplementasian kurikulum 2013 pada mata pelajaran sosiologi ini yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah perencanaan pelaksanaan pembelajaran sosiologi berbasis kurikulum 2013 yang dituangkan pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) oleh guru, pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 yang bertujuan agar siswa lebih aktif, kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran, kemudian kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Kecamatan Gunuang Omeh, dan strategi yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru sosiologi dan beberapa siswa-siswi kelas XI IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data Miles dan Huberman yaitu mengumpulkan data, reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penlitian ini adalah teknik triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kecamatan Gunuang Omeh, namun pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 ini baru diimplementasikan kepada kelas X dan XI saja, untuk kelas XII masih tetap menggunakan Kurikulum 2006 (KTSP). Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Kecamatan Gunuang Omeh antara lain : Pertama, ketersediaan sarana dan prasarana yang kurang lengkap sehingga tidak mampu mendukung pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Kedua, kurangnya ketersediaan buku teks dan buku penunjang yang dapat digunakan siswa. Ketiga, kompetensi guru yang belum memahami karakteristik pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Keempat, sistem penilaian yang tidak sesuai dengan pelaksanaan. Kelima, beban serta tugas guru dan peserta didik bertambah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Aug 2022 03:15
Last Modified: 18 Aug 2022 03:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39211

Actions (login required)

View Item View Item