Pengembangan Media Timeline Menggunakan Aplikasi Focusky untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kronologis pada Pembelajaran Sejarah Indonesia Tingkat SMA/MA

Pratiwi, Marni Emiar (2021) Pengembangan Media Timeline Menggunakan Aplikasi Focusky untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kronologis pada Pembelajaran Sejarah Indonesia Tingkat SMA/MA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_MARNI_EMIAR_PRATIWI_18161026_5740_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses perancangan media dan menghasilkan media yang layak serta praktis digunakan untuk menunjang peningkatan kemampuan berpikir kronologis sebagai solusi dari kurang variatifnya media yang digunakan guru dan kurangnya kemampuan berpikir kronologis siswa berupa pengembangan media timeline menggunakan aplikasifocusfy. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model dari Borg and Gall. Subjek penelitian adalah 4 orang ahli terdiri dari ahli media, materi, dan bahasa serta subjek penelitian selanjutnya 5 orang guru mata pelajaran sejarah dan siswa kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 6 SMAN 1 Sungai penuh dan XI MIA 4 MAN 1 Sungai penuh tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan studi dokumen serta angket dalam bentuk skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh dari penjabaran tahapan penelitian tahap pertama yaitu analisis kebutuhan, analisis karakteristik siswa dan kurikulum merupakan faktor pendukung perlunya dilakukan pengembangan media timeline menggunakan aplikasi focusky, Pada tahap perencanaan dihasilkan kerangka awal media timeline. Tahap produksi dihasilkan draft media yang akan di validasi ahli atau uji kelayakan oleh para ahli dan hasil analisis uji kelayakan ahli materi dengan hasil rata-rata 4,49, ahli media dengan rata-rata 4,53 dan ahli bahasa dengan rata- rata 4,4 dari penilaian ahli memenuhi kriteria sangat layak. Hasil tahap uji coba terbatas dilakukan uji praktikalitas oleh guru diperoleh hasil dengan rata-rata 4,49 untuk setiap aspeknya dan hasil praktialitas dari siswa rata-rata 4,33 memenuhi kriteria praktis dan selajutnya tahap uji coba lapangan dilakukan implementasi dan uji efektivitas dengan pemberian pretest dan posttest. pada tahap akhir dilakuakn penyempumaan produk dengan analisis hasil uji kelayan dan keterpakaian media. media timeline memenuhi kriteria layak dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran sejarah Indonesia pada tingkat SMA/MA.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Aug 2022 02:34
Last Modified: 18 Aug 2022 02:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39210

Actions (login required)

View Item View Item