Penerapan Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) Berbantuan LKPD untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI IPA 4 SMAN 1 Luhak Nan Duo

Suhelpi, Suhelpi (2021) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) Berbantuan LKPD untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI IPA 4 SMAN 1 Luhak Nan Duo. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SUHELPI_16177035_587_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil Belajar peserta didik kelas XI IPA 4 SMAN 1 Luhak Nan Duo Tahun Pelajaran 2018/2019 masih belum mencapai target yang diinginkan. Metode dan model pembelajaran yang digunakan selama ini belum mampu meningkatkan kompetensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatnya kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta didik kelas XI IPA 4 SMAN 1 Luhak Nan Duo dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan LKPD. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 4 SMAN 1 Luhak Nan Duo semester ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 32 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil evaluasi kompetensi pengetahuan, lembar observasi kompetensi sikap dan keterampilan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes objektif pilihan ganda untuk mengetahui penguasaan kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan lembar penilaian untuk kompetensi keterampilan peserta didik. Data dianalisis menggunakan teknik kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif TGT dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik. Hasil kompetensi pengetahuan peserta didik terlihat dari rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 73,28 dan siklus II adalah 80,15 dengan ketuntasan klasikal siklus I adalah 71,87 dan siklus II adalah 87 ,50. Hasil pengamatan kompetensi sikap pada siklus I adalah 80,21 dan siklus II adalah 84,84, dan hasil pengamatan kompetensi keterampilan pada siklus I adalah 81,87 dan siklus II adalah 87,50. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik kelas XI IPA 4 SMAN 1 Luhak Nan Duo dengan menerapkan model pembelajaran kooperatifTGT berbantuan LKPD.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:08
Last Modified: 16 Aug 2022 08:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39208

Actions (login required)

View Item View Item