Penerapan Model Pembelajaran lnkuiri Terbimbing Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar IPA Biologi Pada Kelas VIII.D MTsN Padang Panjang

Suhasra, Suhasra (2021) Penerapan Model Pembelajaran lnkuiri Terbimbing Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar IPA Biologi Pada Kelas VIII.D MTsN Padang Panjang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SUHASRA_1304150_1581_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar Biologi peserta didik dan tidak memenuhi target ketuntasan klasikal, karena aktivitas yang dilakukan peserta didik selama proses pembelajaran hanya menerima, mendengar informasi yang disajikan oleh guru serta mencatat hal­hal yang dianggap penting. Sedangkan aktivitas peserta didik seperti kegiatan menjawab pertanyaan guru, bertanya tentang materi yang kurang dipahami, serta mengeluarkan pendapat atau argumen dalam pembelajaran masih sangat rendah dan hanya didominasi oleh peserta didik tertentu. Selain itu interaksi sesama peserta didik dalam proses pembelajaran juga masih kurang, kondisi ini terlihat dari kebiasaan peserta didik yang cendrung menyelesaikan tugas kelompok sendiri­sendiri dan tidak terjadi tukar pendapat diantara anggota kelompok, sehingga anggota yang lain tidak merasa bertanggungjawab terhadap hasil diskusi kelompoknya.Tujuan penelitian ini adalah meningkatkatkan hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik kelas VIII.D MTsN Padang Panjang melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini adalan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian terdiri dari tiga siklus, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Penelitian diadakan di MTsN Padang Panjang pada kelas VIII.D dengan 34 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi afektif, dan psikomotor yang diisi oleh observer dan peneliti. Untuk kompetensi kognitif, pengumpulan data berdasarkan hasil ujian tulis yang diadakan pada pertemuan keempat pada masing­masing siklus. Hasil penelitian untuk kompetensi afektif pada prasiklus 56,21%, siklus I 78,22%, dan siklus II 88,45%. Kompetensi psikomotor pada prasiklus 71,88%, siklus I 81,94%, dan siklus II 90,28%. Kompetensi kognitif pada prasiklus 64,88%, siklus I 77,06%, dan siklus II 80, 15%. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran Biologi dapat meningkatkan kompetensi peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:08
Last Modified: 16 Aug 2022 08:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39207

Actions (login required)

View Item View Item