Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X SMA

Hidayat, Rendi (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RENDI_HIDAYAT_15205041_2633_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis RME yang valid dan praktis untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik di kelas X SMA. Media pembelajaran yang dikembangkan berupa media pembelajaran interaktif yang dilengkapi dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan penggabungan dua jenis desain penelitian yang pertama Gravemeijer dan Cobb yang terdiri dari tiga tahap yaitu the preparing for the experiment, the design experiment, dan the retrospective analysis. Sedangkan yang kedua menggunakan desain model Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu investigasi awal, pengembangan prototipe dan penilaian. Pada tahap investigasi awal dilakukan pengumpulan data sebagai dasar untuk merancang media pembelajaran. Tahap pengembangan prototipe bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid dan praktis melalui tahapan evaluasi formatif yaitu evaluasi sendiri, evaluasi perorangan dan evaluasi kelompok kecil. Pada tahap penilaian dilakukan penyebaran angket untuk mengukur tingkat praktikalitas media pembelajaran. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik di kelas X SMAN 12 Padang tahun pelajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, lembar validasi media pembelajaran dan angket praktikalitas. Sebelum digunakan, instrumen terlebih dahulu divalidasi oleh pakar. Hasil analisis data dari lembar validasi media pembelajaran menunjukkan rata-rata 3,88 dengan kriteria sangat valid, hal ini berarti bahwa media pembelajaran matematika berbasis RME yang dikembangkan telah telah valid dari segi kelayakan isi, penyajian, bahasa dan kegrafikaan. Hasil analisis data dari angket praktikalitas media pembelajaran menunjukkan rata-rata 90,97% dengan kriteria sangat praktis, hal ini juga berarti bahwa media pembelajaran matematika berbasis RME telah praktis dari segi penyajian, kemudahan, keterbacaan dan waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:08
Last Modified: 16 Aug 2022 08:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39206

Actions (login required)

View Item View Item