Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Inkuiri Terstruktur Menggunakan Tiga Level Representasi dan Pengaruhnya Terhadap Model Mental Siswa Kelas XI SMA

Nurhasanah, Nurhasanah (2021) Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Inkuiri Terstruktur Menggunakan Tiga Level Representasi dan Pengaruhnya Terhadap Model Mental Siswa Kelas XI SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_NURHASANAH_17176012_3336_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesetimbangan kimia merupakan materi yang sangat penting untuk memahami materi asam basa dan kelarutan. Berdasarkan literatur dan hasil wawancara materi kesetimbangan kimia masih dianggap sulit oleh siswa. Proses pembelajaran belum sepenuhnya menyajikan tiga level representasi dan menginterkoneksikan ketiga level tersebut. Kemampuan siswa dalam menginterkoneksikan ketiga level representasi dapat membantu siswa memiliki pemahaman yang baik sehingga membentuk model mental yang utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul kesetimbangan kimia berbasis inkuiri terstruktur menggunkan tiga level representasi yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model Plomp. Modul divalidasi oleh 5 orang validator. Praktikalitas modul diujikan kepada 2 orang guru kimia dan 69 siswa. Hasil validitas dan praktikalitas dianalisis menggunakan rumus kappa cohen. Hasil analisis menunjukkan modul memiliki tingkat validitas sangat tinggi (k = 0,82) dan praktikalitas sangat tinggi (k = 0,91 berdasarkan respon guru dank= 0,88 berdasarkan angket respon siswa).Hasil Uji-t terhadap hipotesis hasil belajar dan model mental kesetimbangan kimia menunjukkan bahwa hasil belajar dan model mental kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelas kontrol dikedua sekolah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul laku reaksi berbasis inkuiri terstruktur yang dikembangkan memiliki validitas dan praktikalitas sangat tingi serta efektif digunakan dalam proses pembelajaran kimia di SMA.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:08
Last Modified: 16 Aug 2022 08:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39205

Actions (login required)

View Item View Item