Pengembangan LKPD Menggunakan Model Problem Based Learning Terintegrasi Creative Thinking Pada Pembelajaran Fisika SMA

Prima, Novelia (2021) Pengembangan LKPD Menggunakan Model Problem Based Learning Terintegrasi Creative Thinking Pada Pembelajaran Fisika SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_NOVELIA_PRIMA_18175023_4584_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran fisika SMA masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah LKPD yang digunakan dalam pembelajaran di sekolah belum memuat langkah-langkah model pembelajaran yang mengarahkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD menggunakan model problem based learning terintegrasi creative thinking pada pembelajaran fisika SMA yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model 40 dengan tiga tahap yaitu define, design, dan develop. Instrumen penelitian meliputi pedoman wawancara, angket observasi guru dan peserta didik, angket validitas, serta angket praktikalitas. Teknik analisis data untuk validitas menggunakan rumus Aiken's V dan untuk praktikalitas menggunakan deskriptif persentase. Hasil define menunjukkan perlunya pengembangan LKPD menggunakan model problem based learning terintegrasi creative thinking. Hasil develop menunjukkan LKPD berada pada kriteria valid berdasarkan hasil validasi, sangat praktis berdasarkan respon guru dan peserta didik, dan efektif berdasarkan hasil analisis pretest dan posttest peserta didik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD menggunakan model problem based learning terintegrasi creative thinking pada pembelajaran fisika SMA memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:08
Last Modified: 16 Aug 2022 08:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39203

Actions (login required)

View Item View Item