Kesulitan Siswa Memahami Materi Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman

Defitriana, Defitriana (2022) Kesulitan Siswa Memahami Materi Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_DEFITRIANA_17046101_3065_2022.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran sejarah dan hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kesulitan yang dialami siswa dan faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif ialah penelitian yang ditujukan untuk mengetahui keadaan, kondisi atau lainnya yang ditemukan. Metode pengumpulan data yang dilakukan ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik wawancara yang digunakan ialah wawancara tidak terstruktur dengan memakai pedoman wawancara yang terdiri dari 6 orang siswa. Teknik observasi yang digunakan yaitu dengan mengamati nilai sejarah siswa serta wawancara dengan guru bidang studi sejarah. Dokumentasi yang dilakukan ialah dengan rekap nilai mata pelajaran sejarah. Analisis data dilakukan secara interaktif dan dilakukan secara terus menerus sampai tuntas, sehingga data yang didapat hanya seputar itu saja yang menandakan data sudah jenuh. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kesulitan yang dialami siswa berhubungan dengan masalah akademik yang menyebabkan adanya hambatan-hambatan dalam pembelajaran sejarah. Adapun kesulitan yang dialami siswa ialah seperti kesulitan memusatkan perhatian, sering mengantuk, kondisi kelas yang tidak kondusif, rasa bosan serta tidak adanya minat untuk mendengarkan guru menjelaskan materi. Adapun faktor penyebab siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam ada dua yaitu, faktor internal dan eksternal. Faktor internal berupa kesehatan, intelegensi dan minat. Sedangkan faktor eksternal ialah metode mengajar guru serta teman bergaul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PELAJARAN SEJARAH
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:07
Last Modified: 16 Aug 2022 08:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39201

Actions (login required)

View Item View Item