Pengembangan E-book Edupark Fisika SMA Kelas X dengan Pendekatan Saintifik Terintegrasi Potensi Daerah Taman Wisata Bukik Chinangkiek

Lestari, Nila Virgo (2021) Pengembangan E-book Edupark Fisika SMA Kelas X dengan Pendekatan Saintifik Terintegrasi Potensi Daerah Taman Wisata Bukik Chinangkiek. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_NILA_VIRGO_LESTARI_18175052_2295_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Alam takambang jadi guru merupakan falsafah Minangkabau yang mengisyaratkan pada kita bahwa semua yang ada di alam dapat dijadikan sebagai sumber belajar. Bukik Chinangkiek memiliki banyak konsep-konsep fisika, namun belum termanfaatkan dengan baik dalam proses pembelaj aran. Kurikulum 2013 menuntut pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran juga belum terlaksana dengan baik. Kurangnya pengintegrasian materi pembelajaran dengan potensi daerah dan pemanfaatan teknologi, menyebabkan peserta didik masih sulit memahami fisika. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e­ book edupark fisika dengan pendekatan saintifik terintegrasi taman wisata Bukik Chinangkiek yang valid, praktis dan efektif. J enis penelitian ini adalah design research dengan model pengembangan Plomp, yang terdiri dari tahap preliminary research (analisis pendahuluan), prototyping phase (tahap pengembangan) dan assessment phase (tahap penilaian). Data dalam penelitian ini adalah data analisis pendahuluan, validasi, praktikalitas dan efektifitas. Instrumen penelitian ini terdiri dari angket, lembar validasi, lembar praktikalitas, penilaian diri, lembar observasi, soal tes dan lembar penilaian kinerja. Data analisis kebutuhan, praktikalitas dan efektifitas pada kompetensi sikap dan keterampilan dianalisis dengan statistik deskriptif. Pada kompetensi pengetahuan digunakan formula N-Gain. Sementara untuk data validasi digunakan rumus Aiken's V. Hasil penelitian pada tahap preliminary research yaitu perlunya pengembangan e-book edupark fisika dengan pendekatan saintifik terintegrasi taman wisata Bukik Chinangkiek. Pada tahap prototyping phase yaitu e-book edupark fisika berkategori valid dan sangat praktis. Hasil tahap assessment phase, e-book edupark fisika berada dalam kategori efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-book edupark fisika SMA kelas X dengan pendekatan saintifik terintegrasi taman wisata Bukik Chinangkiek memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:07
Last Modified: 16 Aug 2022 08:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39196

Actions (login required)

View Item View Item