Pengembangan E-Module Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran

Sagita, Nadia (2021) Pengembangan E-Module Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_NADIA_SAGITA_19177036_6068_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penerapan kurikulum 2013, keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik. Berpikir kritis perlu dibekalkan pada peserta didik sebagai generasi pada abad 21, karena di abad 21 segala sesuatu akan berkembang dengan cepat seperti halnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Berdasarkan hasil angket wawancara dengan peserta didik SMA Negeri 1 Seberida menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik dikategorikan kurang kritis. Sejalan dengan hasil wawancara peneliti dengan guru biologi kelas X SMA Negeri 1 Seberida guru masih menerapkan pembelajaran yang bersifat konvensional tidak mengacu terhadap kemampuan berpikir kiritis peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang cocok untuk menstimulasi kemampuan berpikir kritis peserta didik adalah model Problem Based Learning (PBL). Penerapan Problem Based Learning dapat didukung dengan sumber dan media pembelajaran yang sesuai yaitu penggunaan elektronik modul (e-module). Potensi besar ini seharusnya dimanfaatkan secara maksimal oleh guru agar pembelajaran bisa dilaksanakan secara terarah dan efektif seperti dengan menghadirkan bahan ajar berupa e-module biologi berbasis PBL agar tercapainya tujuan dari pembelajaran itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan e­ module berbasis PBL yang valid, praktis dan efektif Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp dengan tiga tahap pengembangan. Tahap pengembangan model Plomp terdiri dari investigasi awal, pengembangan dan pembuatan prototipe, dan penilaian. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian validitas oleh 3 validator, lembar penilaian praktikalitas oleh guru dan peserta didik, evaluasi berupa soal berpikir kritis untuk menilai tingkat berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-module berbasis PBL memperoleh kriteria sangat valid menurut expert review dengan nilai 89,10%. Kriteria praktikalitas respon guru sangat praktis dengan nilai 94, 17%, dan kriteria peserta didik sangat praktis dengan nilai 86,47%. Hasil uji efektifitas e-module berbasis PBL menunjukkan bahwa e-module berbasis PBL sangat efektif, terlihat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan e-module berbasis PBL dengan kelas yang tidak menggunakan e-module berbasis PBL. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-module berbasis PBL yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:07
Last Modified: 16 Aug 2022 08:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39194

Actions (login required)

View Item View Item