Pengembangan E-modul Ekologi Tumbuhan Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Komunitas Tumbuhan Menggunakan Software Appypie untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa

Paramitha, Mila Nanda (2021) Pengembangan E-modul Ekologi Tumbuhan Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Komunitas Tumbuhan Menggunakan Software Appypie untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_MILA_NANDA_PARAMITHA_19177033_4634_2021.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Terciptanya proses pembelajaran yang bermakna bagi mahasiwa sangat tergantung pada inovasi dan kreativitas pendidik dalam mengembangkan bahan ajar. Salah satu bahan ajar inovatif yang dapat dikembangkan dalam proses pembelajaran yakni, e-modul. E-modul dapat didefinisikan sebagai bentuk penyajian bahan ajar mandiri yang disusun secara sistematis kedalam unit pembelajaran tertentu yang disajikan dalam format elektronik. E-modul yang dikembangkan menggunakan pendekatan kontekstual akan menyebabkan mahasiwa memperoleh pembelajaran yang lebih bermakna, karena dapat mengaitkan materi dengan kehidupan nyata seharihari. E-moduldisajikansecarasistematissehingga di dalamnyaterdapatteks, gambardan video relevan, olehsebabitudigunakansoftware appypie yang digunakandalampengembangan e-modulEkologiTumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul Ekologi Tumbuhan berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL)menggunakansoftware appypie pada Materi Komunitas Tumbuhan yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa.Jenis penelitian iniadalah penelitian pengembangan denganmenggunakan model Plomp. Tahap pengembangan model ini diawali dengan 1) Preliminary research phase 2) Development or prototyping phasedan3) Assessment phase. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi UNP T/A 2019. Objek penelitian e-modul Ekologi Tumbuhan berbasis CTL pada Materi Komunitas Tumbuhan.Instrumen penelitian yang digunakan yakni: lembar, wawancara, lembar observasi, lembaran angket validitas dan praktikalitas, dan tes (soal objektif). Teknik analisis data validitas, praktikalitas menggunakan penskoran skala likert yang telah dimodifikasi dan data efektivitas menggunakan uji-t menggunakan SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan e-modul Ekologi Tumbuhan berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Komunitas Tumbuhan sangat valid dengan nilai 87.96 %. Penilaian praktikalitas oleh dosen memperoleh nilai 97.93 % dengan kriteria sangat praktis dan penilaian mahasiswa dengan nilai 89.42 % dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji efektivitas didapatkan bahwa kelas yang menggunakan e-modul Ekologi Tumbuhan berbasisCTL memiliki nilai lebih tinggi dibanding kelas yang tidak menggunakan e-modul Ekologi Tumbuhan berbasis CTL, sehingga penggunaan multimedia yang dilengkapi dengan gambar, animasi dan video dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi. Dapat disimpulkan bahwa e-modul Ekologi Tumbuhan berbasis CTL yang telah dikembangkan berada pada kategori sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:06
Last Modified: 16 Aug 2022 08:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39190

Actions (login required)

View Item View Item