Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Sistem Ekskresi dan Sistem Pernapasan untuk Peserta Didik Kelas XI

Dwi, Lusty Patma (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Sistem Ekskresi dan Sistem Pernapasan untuk Peserta Didik Kelas XI. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_LUSTY_PATMA_DWI_19177015_2936_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini memberikan dampak pada berbagai aspek kehidupan terutama pada aspek pendidikan. Penggunaan android di kalangan peserta didik memberikan dampak terhadap proses pembelajaran. Berdasarkan hasil investigasi awal yang telah dilakukan peneliti dengan pemnyebaran angket kepada 25 peserta didik XI IPA 1 diketahui bahwasanya peserta didik telah memiliki android, namun android lebih sering digunakan untuk membuka media sosial seperti instagram, facebook dan lainnya dari pada digunakan untuk belajar, selanjutnya hasil wawancara guru biologi menyatakan bahwa peserta didik boleh menggunakan handphone untuk mengakses pembelajaran, terutama pada materi yang bersifat abstrak seperti materi sistem ekskresi dan sistem pemapasan. Pandemi covid-19 juga memberikan dampak pada pembelajaran, hasil wawancara siswa mengatakan sulit mengikuti pembelajaran secara daring karena terkendala oleh sinyal, hal ini sama seperti yang dikatan guru dalam wawancara, guru juga kesulitan menjelaskan materi karena sinyal yang tidak stabil, hal ini menyebabkan beberapa anak mendapatkan nilai dibawah KKM yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan multimedia intereaktif berbasis android dengan pendekatan kontekstual pada materi sistem ekskresi dan sistem pemapasan untuk peserta didik kelas XI yang valid, praktis dan efektif. Adapun jenis penelitian ini adalah ppenelitian Pengembangan dengan model Plomp. Terdapat tiga tahap pengembangan yaitu preliminary research phase, development or prototyping phase, dan assessment phase. Instrumen pada penelitian ini yaitu berupa lembar penilaian validitas, lembar penilaian praktikalitas, lembar penilian kemampuan berfikir kritis siswa dengan menggunakan 15 soal pretest dan postest, lembar penialan ranah psikomotor dan ranah afektif siswa. Hasil penelitian menunjukkan multimedia interaktif berbasis android sangat valid dengan nilai 93,75% berdasarkan validasi yang dilakukan validator. Penilaian praktikalitas oleh guru memperoleh nilai 89,34% dengan kriteria sangat praktis dan hasil penilaian peserta didik dengan nilai 94,66 dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji efekrivitas menunjukkan adanya pengaruh multimedia interaktif berbasis android terhadap kemampuan berfikir kritis siswa, kompetensi keterampilan dan kompetensi sikap. Jadi dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis android yang telah dikembangkan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:05
Last Modified: 16 Aug 2022 08:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39183

Actions (login required)

View Item View Item