Analisis Hubungan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X MIPA SMA Negeri di Kota Padang

Mulyani, Kiki (2021) Analisis Hubungan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X MIPA SMA Negeri di Kota Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_KIKI_MULYANI_19177032_4681_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pada abad 21 menuntut proses terobosan pemikiran untuk dapat menciptakan output yang bermutu yang dapat bersaing dalam dunia pendidikan. Masalah yang sering dihadapi dihadapi dalam proses pembelajaran adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Salah satu faktor yang mempengaruhi tinggi atau rendahnya hasil belajar adalah kecerdasan dan minat belajar. Hasil observasi terlihat bahwa guru belum memperhatikan dan mengukur dengan hasil belajar peserta didik. Penelitiann ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan majemuk terhadap hasil belajar peserta didik, Minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik, kecerdasan majemuk dan Minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi kelas X MIPA SMA Negeri di Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dilakukan pada bulan Maret- April di SMA Negeri di Kota Padang tahun pelajaran 2020/2021. Sampel berjumlah 297 orang peserta didik dan tersebar di lima sekolah Negeri di Kota Padang. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling dan Proportional Random Sampling dengan pengambilan sampel berdasarkan sebaran lokasi sekolah, selanjutnya dilakukan teknik penarikan sampel yang mewakili tiap kelompok sehingga didapatkan 297 peserta didik. Instrumen penelitian berupa angket kecerdasan majemuk angket minat belajar, dan Soal tes hasil belajar kognitif peserta didik. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan korelasi Pearson Product Moment dan korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang lemah hingga sedang antara setiap kecerdasan pada kecerdasan majemuk dengan hasil belajar biologi kelas X MIPA SMAN di Kota Padang.Terdapat hubungan yang erat antara minat belajar dengan hasil belajar biologi kelas X MIPA SMAN di Kota Padang.Terdapat hubungan yang erat antara kecerdasan majemuk dan minat belajar dengan hasil belajar biologi kelas X MIPA SMAN di Kota Padang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:04
Last Modified: 16 Aug 2022 08:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39181

Actions (login required)

View Item View Item