Pengembangan Desain Pembelajaran Aritmatika Sosial Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik di Kelas VII SMP/ MTs.

Muslimah, Hanifa (2021) Pengembangan Desain Pembelajaran Aritmatika Sosial Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik di Kelas VII SMP/ MTs. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_HANIFA_MUSLIMAH_17205060_1540_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah, merupakan salah satu kemampuan yang hams dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Pada saat studi pendahuluan mengenai materi aritmatika sosial pada kelas VII, alur pembelajaran aritmatika sosial yang disajikan dalam buku teks yang digunakan cenderung dikenalkan dengan penggunaan rumus tanpa melibatkan penemuan konsep itu sendiri dan pembelajaran terpisah dari pengalaman peserta didik sehari-hari sehingga mengakibatkan kemampuan pemecahan masalahmatematika peserta didik masih rendah. Hal ini mendasari untuk mendesain alur belajar topik aritmatika sosial dan menghubungkannya dengan aktivitas berdasarkan pengalaman peserta didik (experience-based activities). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang alur belajar topik aritmatika sosial kelas VII SMP/MTs dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), dimplementasikan melalui buku guru dan buku siswa yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan design research yang mengkombinasikan model Plomp dengan model Gravemeijer & Cobb, yang terdiri dari 3 fase yaitu fase penelitian pendahuluan (preliminary research/preparing for the experiment), fase pengembangan (development or prototyping phase/design experiment) dan fase penilaian (assessment phase/retrospective analysis). Subjek penelitian adalah peserta didik di kelas VII MTsN 2 Pasaman. Penelitian ini diimplementasikan melalui buku guru dan buku siswa. Hasil dari conducting experiment menunjukkan konteks yang dimuat dalam buku siswa dapat menstimulir peserta didik untuk mengembangkan pengetahuannya dalam menemukan konsep aritmatika sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran topik aritmatika sosial dengan pendekatan RME sudah valid, praktis dan efektif. Valid dari segi isi dan bahasa. Praktis dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan. Efektif dari segi dampak potensialnya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:04
Last Modified: 19 Aug 2022 04:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39180

Actions (login required)

View Item View Item