Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Gestalt untuk Meningkatkan Self Confidence Siswa

Noviyas, Zikra (2022) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Gestalt untuk Meningkatkan Self Confidence Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ZIKRA_NOVIYAS_18006163_2946_2022.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

lah penting. Kemampuan tersebut disebut dengan self confidence siswa. seorang siswa sangat diharapkan untuk memiliki kepercayaan diri yang baik sehingga siswa tersebut dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok Gestalt untuk meningkatkan self confidence siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa SMPN 29 Padang dengan kriteria tertentu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan datanya dianalisis menggunakan Uji t dengan bantuan aplikasi SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok Gestalt efektif dalam meningkatkan self confidence siswa, dimana setelah diberikan perlakuan, self confidence siswa meningkat secara signifikan. Hal ini juga terlihat dari hasil uji t yaitu thitung > ttabel (15,265 > 2,306) dan mempunyai nilai p < 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan kesimpulan bahwa Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari skor pretest dan posttest self confidence siswa. jika dibandingkan, terdapat perbedaan yang signifikan skor rata-rata pretest dan skor rata-rata posttest. Dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok Gestalt terbukti efektif untuk meningkatkan self confidence siswa kelas IX SMPN 29 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:03
Last Modified: 16 Aug 2022 08:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39177

Actions (login required)

View Item View Item