Efektivitas Teknik Modeling untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Autis (single subject research kelas XII di SLB N 2 Padang)

Safitri, Yona (2022) Efektivitas Teknik Modeling untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Autis (single subject research kelas XII di SLB N 2 Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_YONA_SAFITRI_15003078_2436_2022.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan pada anak autis kelas XII di SLB N 2 Padang, yang mengalami permasalahan dalam keterampilan sosial anak. Keterampilan sosial sangat berpengaruh dalam interaki sehari-hari, baik interaksi dengan lingkungan sekolah, tempat tinggal dan sebagainya sebagai salah satu bentuk cara untuk mendapatkan informasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial anak autis melalui teknik modeling di SLB N 2 Padang. Jenis penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain A-B-A dengan metode single subject research (SSR) dan target behavior yaitu meningkatkan keterampilan sosial pada subjek anak autis,dengan perlaku anak yang suka menyendiri, tidak dapat bermain dengan temannya, kurang mengadakan hubungan sosial dan emosional yang timbal balik. Data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu melalui instrument tes kemampuan dengan teknik pengamatan dan dokumentasi. Hasil analisis data dari kondisi Fase A1, Fase B, dan Fase A2 peneliti gambarkan dalam bentuk grafik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika teknik modeling efektiv untuk meningkatkan kemampuan keterampilan sosial untuk anak autis kelas XII di SLB N 2 Padang yang dilihat dari hasil analisis data dalam kondisi dan antar kondisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:03
Last Modified: 16 Aug 2022 08:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39176

Actions (login required)

View Item View Item