Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Akreditasi di UPTD SMP Negeri 1 Kapur IX dan UPTD SMP Negeri 3 Pangkalan Koto Baru

Nanda, Witri Octary (2022) Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Akreditasi di UPTD SMP Negeri 1 Kapur IX dan UPTD SMP Negeri 3 Pangkalan Koto Baru. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_WITRI_OCTARY_NANDA_17002167_1519_2022.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan akreditasi, mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan akreditasi, serta untuk mengetahui apa dampak positif terhadap strategi kepala sekolah dalam meningkatkan akreditasi. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dan interpretasi data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data menggunakan teks naratif serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian didapatkan adalah strategi kepala sekolah dalam meningkatkan akreditasi yaitu peningkatan 8 standar nasional pendidikan. Faktor pendukung dalam meningkatkan akreditasi adalah guru, kurikulum dan pembelajaran, sarana dan prasarana serta dukungan dari masyarakat sekolah seperti dan komite. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam meningkatkan akreditasi adalah rendanya prestasi peserta didik, rendahnya kinerja guru, sarana dan prasarana yang kurang memadai serta keterbatasan biaya pendidikan. Dampak positifnya adalah telah terjadi peningkatan sarana dan prasarana, kinerja guru sudah mulai meningkat serta biaya pendidikan disekolah sudah bisa teratasi dengan pemberian Bantuan Operasional Sekolah kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 16 Aug 2022 07:57
Last Modified: 16 Aug 2022 07:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39175

Actions (login required)

View Item View Item