Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Ber basis Problem Based Instruction untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA

Diana .S, Elvira (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Ber basis Problem Based Instruction untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Masters thesis, Univesitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ELVIRA_DIANA_1203786_2196_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perangkat pembelajaran merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang baik hendaklah memfasilitasi peserta didik untuk mengkonstruksi dan menemukan konsep secara mandiri, sehingga nalar dan pola pikir peserta didik dapat berkembang. Pada penelitian ini, dikembangkanlah perangkat pembelajaran berbasis PBI yang diharapkan dapat mencapai sasaran tersebut. Tujuan yang hendak dicapai dari upaya pengembangan perangkat pembelajaran ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis PBI yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dirancang adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian nu termasuk jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp. Tahapannya adalah tahap investigasi awal (preliminary research), tahap pengembangan atau pembuatan prototipe (development or prototyping phase) dan tahap penilaian (assessment phase). Validasi dilakukan kepada pakar pendidikan matematika, bahasa, teknologi pendidikan, dan praktisi (guru matematika). Data kepraktisan dikumpulkan melalui angket, lembar observasi pelaksanaan, dan wawancara peserta didik. Keefektifan dilihat dari aktivitas peserta didik selama pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis PBI yang dihasilkan telah valid. Perangkat pembelajaran ini juga telah dinyatakan praktis oleh para ahli. Hasil observasi dan wawancara dengan peserta didik juga menyatakan bahwa perangkat pembelajaran ini praktis. Pada tahap uji efektivitas, didapatkan hasil bahwa lebih dari 7 6% peserta didik berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan aktivitas positif peserta didik meningkat. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis PBI untuk peserta didik kelas X SMA/ MA yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:00
Last Modified: 16 Aug 2022 08:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39172

Actions (login required)

View Item View Item