Efektivitas Model Pembelajaran Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA: Meta-Analisis

Chan, M. Ifdal Hafiz and Septia, Edja Annisa and Febrianti, Kurnia and Desnita, Desnita (2021) Efektivitas Model Pembelajaran Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA: Meta-Analisis. ORBITA: Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7 (2). pp. 238-245. ISSN Print: 2460-9587 dan Online: 2614-7017

[img]
Preview
Text
8_Jurnal_Orbita_November_2021.pdf

Download (236kB) | Preview
Official URL: http://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/articl...

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas dari beberapa model pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian meta-analisis yang menggambarkan effect size dari penelitian-penelitian pendidikan mengenai pengaruh modelmodel pembelajaran terhadap pemahaman konsep fisika siswa SMA. Model pembelajaran yang di bandingkan dalam penelitian meta-analisis ini adalah model pembelajaran Discovery Learning, Inkuiri, Kooperatif, Direct Instruction, dan Problem Based Learning. Model pembelajaran yang memiliki efektivitas tertinggi adalah model pembelajaran Langsung (Direct Instruction) dengan nilai rata-rata effect size 1.43 yang termasuk dalam kategori tinggi. Model pembelajaran lain yang juga memiliki nilai rata-rata effect size yang termasuk dalam kategori tinggi adalah model pembelajaran Inkuiri dengan nilai rata-rata effect size 1.39, model pembelajaran Kooperatif dengan nilai rata-rata effect size 1.11, model pembelajaran Discovery Learning dengan nilai rata-rata effect size 0.96, serta model pembelajaran Problem Based Learning dengan nilai rata-rata effect size 0.92.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:54
Last Modified: 15 Aug 2022 07:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39171

Actions (login required)

View Item View Item