Chan, M. Ifdal Hafiz and Septia, Edja Annisa and Febrianti, Kurnia and Desnita, Desnita (2021) Efektivitas Model Pembelajaran Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA: Meta-Analisis. ORBITA: Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7 (2). pp. 238-245. ISSN Print: 2460-9587 dan Online: 2614-7017
|
Text
8_Jurnal_Orbita_November_2021.pdf Download (236kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas dari beberapa model pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian meta-analisis yang menggambarkan effect size dari penelitian-penelitian pendidikan mengenai pengaruh modelmodel pembelajaran terhadap pemahaman konsep fisika siswa SMA. Model pembelajaran yang di bandingkan dalam penelitian meta-analisis ini adalah model pembelajaran Discovery Learning, Inkuiri, Kooperatif, Direct Instruction, dan Problem Based Learning. Model pembelajaran yang memiliki efektivitas tertinggi adalah model pembelajaran Langsung (Direct Instruction) dengan nilai rata-rata effect size 1.43 yang termasuk dalam kategori tinggi. Model pembelajaran lain yang juga memiliki nilai rata-rata effect size yang termasuk dalam kategori tinggi adalah model pembelajaran Inkuiri dengan nilai rata-rata effect size 1.39, model pembelajaran Kooperatif dengan nilai rata-rata effect size 1.11, model pembelajaran Discovery Learning dengan nilai rata-rata effect size 0.96, serta model pembelajaran Problem Based Learning dengan nilai rata-rata effect size 0.92.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1 |
Depositing User: | Mrs. Wiwi Sartika |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 07:54 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 07:54 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39171 |
Actions (login required)
View Item |