Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik Kelas XII SMA Pada Mata Pelajaran Biologi

Endela, Elfia Zulfa (2021) Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik Kelas XII SMA Pada Mata Pelajaran Biologi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ELIFIA_ZULFA_ENDELA_19177007_5032_2021.pdf

Download (965kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran saat ini mengarahkan peserta didik pada keterampilan 4C (kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif). Keterampilan berpikir yang paling berperan pada pembelajaran abad-21 adalah keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Bahan ajar di sekolah sebaiknya dapat membantu peserta didik dalam melatih keterampilan berpikir peserta didik. LKPD berbasis model dapat mengasah keterampilan berpikir peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi Evolusi dan Bioteknologi yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik kelas XII yang valid, praktis, dan efektif, serta melihat hubungan keterampilan berpikir kritis terhadap keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Plomp. Metode ang dilakukan meliputi pleminary research, prototyping phase dan assessment phase. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (quarsi eksperiment) dengan rancangan -one group pretest-posttest design II. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri 2 Painan tahun ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XII IPA 4 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket observasi, lembar validasi produk, lembar praktikalitas guru dan peserta didik, dan soal evaluasi berdasarkan indikator berpikir kritis dan kreatif.Teknik analisis data validasi dan praktikalitas menggunakan penskoran dengan skala Likert dan efektivitas menggunakan uji t. Ananlisis hubungan keterampilan berpikir kritis terhadap keterampilan berpikir kreatif menggunakan uji korelasi signifikansi regresi. Hasil validasi LKPD berbasis inkuiri terbimbing adalah 90.52% (sangat valid). Hasil penilaian kepraktisan oleh guru Biologi menunjukkan nilai rata-rata 95.00% (sangat praktis) dan hasil penilaian kepraktisan oleh peserta didik diperoleh nilai rata-rata 86,72% (sangat praktis). Uji efektifitas dilakukan uji N- Gain. Hasil yang didapat dalam pengujian N-Gain adalah 0.4 untuk keterampilan berpikir kritis dan 0.5 untuk keterampilan berpikir kreatif. Kedua nilai N-Gain memiliki efektifitas LKPD sedang. Berdasarkan uji t yang dilakukan maka terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Hubungan keterampilan berpikir kritis terhadap keterampilan berpikir kreatif sebesar 0.864. Dengan demikian LKPD berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 Aug 2022 07:59
Last Modified: 16 Aug 2022 07:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39170

Actions (login required)

View Item View Item