Pengembangan LKPD IPA Terpadu dengan Terna Energi Dalam Kehidupan Menggunakan Problem Based Learning Terintegrasi Pembelajaran Abad 21

Gusti, Dian Arima (2021) Pengembangan LKPD IPA Terpadu dengan Terna Energi Dalam Kehidupan Menggunakan Problem Based Learning Terintegrasi Pembelajaran Abad 21. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_DIAN_ARIMA_GUSTI_18175047_1383_2021.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di Indonesia berlaku kurikulum 2013 yang menuntut mata pelajaran berkontribusi terhadap pembentukan sikap, pengetahuan, dan keterampilan bagi peserta didik sesuai dengan tantangan abad 21, sehingga di dalam pendidikan peserta didik tidak hanya memiliki kecakapan pengetahuan, melainkan juga menganut sikap yang mengacu pada ilmu pengetahuan seperti berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikatif dan kolaboratif Hasil analisis pendahuluan diperoleh informasi bahwa LKPD IPA Terpadu yang terdapat pada buku siswa yang telah dikembangkan pada penelitian sebelumnya masih belum terlihat adanya indikator- indikator pembelajaran abad 21. Disamping itu, juga dilakukan analisis pada beberapa LKPD dari berbagai sumber dan diperoleh informasi bahwa LKPD yang digunakan masih belum terintegrasi ke dalam pembelajaran abad 21 serta belum menggunakan model pembelajaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah bahan ajar berupa LKPD IPA Terpadu dengan tema energi dalam kehidupan menggunakan model problem based learning terintegrasi pada pembelajaran abad 21 yang valid, praktis dan efektifJenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (research development) dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari preliminary research phase (penelitian pendahuluan), development or prototypingphase (tahap pengembangan atau perancangan) dan assessment phase (tahap penilaian). Uji coba dilakukan secara terbatas di SMP Negeri 4 Pasaman. Data dalam penelitian ini adalah data analisis kebutuhan, data validasi, data praktikalitas dan data efektivitas. Instrumen penelitian terdiri dari angket, lembar validasi, lembar praktikalitas, soal dan lembar penilaian pembelajaran abad 21 (keterampilan 4C). Data analisis kebutuhan, validitas dan praktikalitas serta efektivitas untuk pembelajaran abad 21 (keterampilan 4C) dianalisis dengan statistik deskriptif Data validitas dianalisis menggunakan formula Aiken's V, sedangkan kompetensi pengetahuan dianalisis menggunakan formula n-gain.Hasil pada preliminary research phase (tahap penelitian pendahuluan) menunjukkan bahwa perlunya pengembangan LKPD IPA Terpadu dengan tema energi dalam kehidupan menggunakan model problem based learning yang terintegrasi pada pembelajaran abad 21. Kemudian, pada development or prototyping phase (tahap pengembangan atau perancangan) diperoleh LKPD IPA Terpadu dengan kriteria valid dengan nilai rata-rata sebesar 0,89 untuk validator ahli dan praktisi pendidikan, serta memiliki kriteria praktis pada tahap one to one evaluation dan small group evaluation dengan masing-masing memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 80. Lebih lanjut, hasilfield test (uji lapangan) pada uji kepraktisan diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 84 untuk respon guru dan 81 untuk respon peserta didik. Selanjutnya LKPD IPA Terpadu ini efektif pada kompetensi pengetahuan dan pembelajaran abad 21 (keterampilan 4C).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 Aug 2022 07:54
Last Modified: 16 Aug 2022 07:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39169

Actions (login required)

View Item View Item