Penilaian Instrument Efektifitas Video Pembelajaran Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Materi Fluida

Novisya, Dira and Desnita, Desnita (2020) Penilaian Instrument Efektifitas Video Pembelajaran Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Materi Fluida. Jurnal Inovasi dan pembelajaran Fisika, 7 (2). pp. 129-139. ISSN Print: 2355-7109 dan Online: 2657-0971

[img]
Preview
Text
6_Jurnal_Inovasi_pendidikan_Unsri.pdf

Download (897kB) | Preview
Official URL: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/articl...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menilai kualitas instrumen yang digunakan untuk mengukur keefektifan video pembelajaran berbasis CTL pada materi fluida. Jenis penelitian research and development menggunakan model ADDIE. Instrumen yang dinilai terdiri atas instrumen keterampilan berpikir kritis, instrumen keterampilan berpikir kreatif, instrumen keterampilan kolaborasi, instrumen keterampilan komunikasi lisan dan instrumen keterampilan komunikasi tulisan. Untuk menilai instrumen menggunakan lembar penilaian instrumen. Instrumen dinilai oleh dua validator. Kategori kevalidan menggunakan rumus Aiken’s V. Dari teknik analisis data yang telah dilakukan, diperoleh bahwa instrumen berada dalam kategori valid dengan nilai rata-rata untuk instrumen efektifitas keterampilan berpikir kritis sebesar 0,89, instrumen efektifitas keterampilan berpikir kreatif 0,85, instrumen efektifitas keterampilan kolaborasi 0,94, instrumen efektifitas keterampilan komunikasi lisan 0,97 dan instrumen efektifitas keterampilan komunikasi tulisan 0,89. Jadi instrumen dapat digunakan untuk menilai keefektifan video

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:31
Last Modified: 15 Aug 2022 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39167

Actions (login required)

View Item View Item