Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Homeroom untuk Meningkatkan Self-Regulated Learning Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Payakumbuh

Harimurti, Wisesa (2022) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Homeroom untuk Meningkatkan Self-Regulated Learning Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_WISESA_HARI_17006080_244_2022.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Kemampuan untuk mengatur diri sendiri dalam proses pembelajaran sangat diperlukan. Kemampuan ini disebut dengan self-regulated learning. Siswa sangat diharapkan memiliki pengaturan diri yang tinggi sehingga dapat berprestasi dan mendukung kemajuan di dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom untuk meningkatkan self-regulated learning siswa kelas XI SMA Negeri 2 Payakumbuh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan The Non Equivalent Control Group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Payakumbuh dengan 10 orang siswa kelompok eksperimen dan 10 orang siswa kelompok kontrol yang terindikasi mengalami self-regulated learning dengan kategori sangat tinggi, tinggi, dan sedang. Instrument yang digunakan berupa skala self-regulated learning yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dan Kolmogorov Smirnov 2 Independent Samples. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom efektif dalam meningkatkan self-regulated learning siswa, di mana setelah diberikan perlakuan, self-regulated learning siswa kelompok eksperimen meningkat secara signifikan. Hal ini juga terlihat dari hasil Kolmogorov Smirnov 2 Independent Samples. Jika dibandingkan, maka terdapat perbedaan yang signifikan skor rata-rata posttest antara kelompok eksperimen yang menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik homeroom dengan kelompok kontrol yang diberikan layanan bimbingan kelompok tanpa teknik homeroom. Dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom terbukti efektif untuk meningkatkan self-regulated learning siswa kelas XI SMA Negeri 2 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:45
Last Modified: 15 Aug 2022 06:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39162

Actions (login required)

View Item View Item