Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Make A Match di Kelas IV UPT SD Negeri 11 Rawang Pesisir Selatan

Apriza, Widia (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Make A Match di Kelas IV UPT SD Negeri 11 Rawang Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_WIDIA_APRIZA_17129433_650_2022.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Penelitian pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV ini dilatar belakangi oleh pembelajaran tematik terpadu yang kurang terlaksana dengan baik, dan hasil belajar Peserta Didik kurang maksimal, pada pelaksanaannya guru juga belum menggunakan model pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat Peserta Didik .Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Peserta Didik menggunakan model Cooperative Learning tipe Make A Match pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV UPT SD Negeri 11 Rawang Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian didahului dengan perancanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan non tes . Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Ajaran 2020/2021.Subjek penelitian ini adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan Peserta didik kelas IV sebanyak 12 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini yaitu : (1) Presentase penilaian RPP pada siklus I rata-rata 81,25% (B) Meningkat pada siklus II 92,5% (SB). (2) Aktivitas guru pada siklus I rata-rata 82,5% (B) meningkat pada siklus II 95% (SB). (3) Aktivitas peserta didik pada siklus I rata-rata 82,5% (B) meningkat pada siklus II 92,5% (SB). (4) Hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan rata-rata 70,30 meningkat pada siklus II 82,33. Dengan demikian Model Cooperatif Learning Tipe Make A match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di UPT sd negeri 11 rawang pesisir selatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:44
Last Modified: 15 Aug 2022 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39157

Actions (login required)

View Item View Item