Pengembangan E-Modul Tematik Menggunakan Construct 2 untuk Mendukung Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas IV SD

Ramadhani, Wasthi (2022) Pengembangan E-Modul Tematik Menggunakan Construct 2 untuk Mendukung Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_WASTHI_RAMADHANI_16129124_2764_2022.pdf

Download (460kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh bahan ajar yang ada belum dapat mengukur kemandirian belajar peserta didik. Bahan ajar yang digunakan masih berupa bahan ajar cetak dan kurang menarik bagi peserta didik. Selain itu, keadaan Pandemi Covid 19 yang tengah dirasakan oleh masyarakat dunia saat ini, terutama Indonesia menyebabkan pembelajaran yang diterapkan di sekolah dikatakan masih belum efektif. Musibah itu juga membuat banyak pendidik yang belum bisa menyiapkan bahan ajar yang menarik bagi peserta didik yang menuntut pembelajaran jarak jauh. Berdasarkan dengan permasalahan tersebut, sehingga perlu dikembangkan sebuah bahan ajar berupa e-modul tematik menggunakan constract 2 untuk mendukung kemandirian belajar peserta didik kelas IV SD. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan e-modul tematik menggunakan constract 2 untuk mendukung kemandirian belajar peserta didik kelas IV SD yang valid, parktis, dan efektif sehingga dapat mengukur kemandirian belajar peserta didik. Model pengembangan pada penelitian ini adalah model Plomp yang terdiri dari 3 tahap, yaitu: penelitian pendahuluan (Preliminary Research), tahap pengembangan atau prototipe (Development of Prototype Phase), dan tahap penilaian (assessment phase). Instrument yang digunakan adalah angket validitas, angket praktikalitas, dan angket efektifitas. Uji validitas e-modul tematik menggunakan construct 2 diberikan kepada 3 orang validator ahli dinilai dari aspek materi, bahasa, dan media. Uji praktikalitas e-modul tematik diberikan kepada 2 orang wali kelas IV dan 15 orang peserta didik kelas IV SDN 43 Sungai Sapih kota Padang yang dinilai dari aspek kemudahan dan kesenangan dalam penggunaan e-modul tematik. Uji efektifitas diujikan kepada 20 orang peserta didik kelas IV SDN 43 Sungai Sapih kota Padang dengan memberikan angket penilaian e-modul tematik menggunakan construct 2. Hasil penelitian ini adalah e-modul tematik menggunakan constru ct 2 yang valid, praktis, dan efekif. Hasil uji validitas materi pada pengembangan e�modul tematik menggunakan construct 2 memperoleh presentase sebesar 86,67% dengan kategori sangat valid. Hasil uji validitas bahasa memperoleh presentase sebesar 76% dengan kategori valid, dan hasil uji validitas media sebesar 93% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas memperoleh presentase sebesar 94,44% untuk angket respons pendidik dan 90,51% untuk angket respons peserta didik dengan masing-masing kategori sangat paraktis. Sedangkan untuk keefektifan e-modul memperoleh presentase sebesar 89,55% dengan kategori sangat efektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:44
Last Modified: 15 Aug 2022 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39156

Actions (login required)

View Item View Item