Pengembangan LKPD Berbasis PBL untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Krits dan Kreatif Peserta Didik Kelas XI SMA Pada Mata Pelajaran Biologi

Lestari, Della (2021) Pengembangan LKPD Berbasis PBL untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Krits dan Kreatif Peserta Didik Kelas XI SMA Pada Mata Pelajaran Biologi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_DELLA_LESTARI_19177027_5033_2021.pdf

Download (788kB) | Preview

Abstract

Berpikir kritis dan kreatif merupakan keterampilan yang sebaiknya dimiliki oleh peserta didik untuk menghadapi tantangan masa kini dan masa depan. Berdasarkan analisis masalah, guru menyatakan bahwa keterampilan berpikir kritis dan kreatif di sekolah masih jarang dilatih. Bahan ajar di sekolah sebaiknya dapat membantu peserta didik dalam melatih keterampilan berpikir. Penggunaan LKPD dapat mengembangkan proses berpikir peserta didik. LKPD berbasis model dapat memberdayakan kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis PBL materi sistem pencemaan dan pemapasan pada manusia yang dapat memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik kelas XI yang valid, praktis, dan efektif serta menganalisis hubungan keterampilan berpikir kritis terhadap keterampilan berpikir kreatif. Jenis penelitian ini penelitian pengembangan dengan model Plomp. Metode yang dilakukan meliputi pleminary research, prototyping phase dan assessment phase. Subjek penelitian ini peserta didik kelas XI SMAN 6 Merangin tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket observasi, lembar validasi produk, lembar praktikalitas guru dan peserta didik, dan soal evaluasi berdasarkan indikator berpikir kritis dan kreatif. Teknik analisis data validitas, praktikalitas menggunakan penskoran dengan skala likert dan efektivitas menggunakan uji-t dengan menggunakan SPSS 21. Analisis hubungan keterampilan berpikir kritis terhadap keterampilan berpikir kreatif menggunakan uji korelasi signifikansi regresi. Hasil penelitian adalah LKPD berbasis PBL memperoleh kriteria sangat valid menurut expert review dengan nilai 88,55%. Praktikalitas guru sangat praktis dengan nilai 97% dan kriteria respon peserta didik sangat praktis dengan nilai 87%. Uji efektifitas LKPD berbasis PBL ini efektif karena kelas eksperimen menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Hubungan keterampilan berpikir kritis terhadap keterampilan berpikir kreatif sebesar 58,8%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PBL pada materi sistem pencemaan dan pemapasan pada manusia yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif serta dapat memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:44
Last Modified: 15 Aug 2022 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39155

Actions (login required)

View Item View Item