Pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 04 Garegeh Kota Bukittinggi

Lutfia, Wardatul (2022) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 04 Garegeh Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_WARDATUL_LUTFIA_18129145_3109_2022.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Pada saat ini banyak model pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran, salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Namun, kenyataan di lapangan dalam proses pembelajaran model pembelajaran inovatif kurang diterapkan oleh guru. Guru cenderung menerapkan pembelajaran konvensional, pelaksanaan pembelajaran sering didominasi oleh guru, sehingga proses pembelajaran kurang menarik bagi siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV SDN 04 Garegeh Bukuittinggi Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan pada pembelajaran tematik terpadu tema 8 subtema 1 pembelajaran 3. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah true eksperimental design dengan bentuk two grouppretset-postest desaign. Pengambilan data sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random. Sampel penelitian ini berjumlah 56 orang dengan populasi sebanyak 146 orang. Perlakuan yang peneliti berikan kepada kelas eksperimen bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang terjadi terhadap hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa tes objektif dengan bentuk pilihan ganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh thitung > ttabel yakni 2,92 > 1,70 dengan α =0,05 yang dimana Ha diterima Ho ditolak.. Rata-rata hasil belajar siswa yang diukur dengan posttest setelah dilakukan pembelajaran, yakni pada kelas eksperimen 85,54 dan kelas kontrol 82,86. Sehingga Ha diterima yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 04 Garegeh Kota Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:43
Last Modified: 15 Aug 2022 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39154

Actions (login required)

View Item View Item