Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match di Kelas VB SD Negeri 21 Payakumbuh

Suriadi, Viska Septriani (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match di Kelas VB SD Negeri 21 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_VISKA_SEPTRIANI_SURIADI_18129084_2585_2022.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru yaitu pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga belum tercipta belajar yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Make A Match di kelas VB SDN 21 Payakumbuh. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 21 Payakumbuh dengan subjek penelitiannya adalah guru beserta peserta didik di kelas VB. Penelitian dilakukan dalam jangka waktu 3 minggu. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di siklus I diperoleh rata-rata 80,5% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 94% (Sangat Baik). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata yaitu 82% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 93% (Sangat Baik). Aspek peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 84% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 96% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 78 (Cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 86 (Baik). Dengan demikian model Cooperative Learning Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:54
Last Modified: 15 Aug 2022 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39149

Actions (login required)

View Item View Item