Peningkatan Pembelajaran Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 04 Pasaman Barat

Fransiska, Viona (2022) Peningkatan Pembelajaran Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 04 Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_VIONA_FRANSISKA_17129428_680_2022.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang terjadi di lapangan dimana pelaksanaan proses pembelajaran belum optimal. Pada proses pembelajaran guru belum menyajikan masalah di awal pembelajaran sehingga peserta didik kurang aktif dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan pengalaman peserta didik dan membangun pengetahuan sendiri. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peningkatan Pembelajaran Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 04 Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data dalam penelitian ini berupa hasil pengamatan dari setiap tindakan dalam proses pembelajaran tematik terpadu di kelas IV sekolah dasar. Sumber data penelitian adalah guru dan peserta didik serta proses pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah guru selaku praktisi, peneliti selaku observer dan peserta didik kelas IV SDN 04 Pasaman Barat berjumlah 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 89,06% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 96,88% pada siklus II. Hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, nilai rata-rata untuk aspek guru pada siklus I adalah 78,56% dengan kualifikasi cukup meningkat menjadi 96,42% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Hasil pengamatan aspek peserta didik pada siklus Inilai rata-rata 78,56% dengan kualifikasi cukup meningkat menjadi 96,42% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik.Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV SDN 04 Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:54
Last Modified: 15 Aug 2022 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39147

Actions (login required)

View Item View Item